Beranda | Artikel
Golongan Kiri - Tafsir Surat Al-Balad Ayat 19 (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Rabu, 20 Desember 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Golongan Kiri – Tafsir Surat Al-Balad Ayat 18 ini adalah bagian dari serial pembahasan kajian Tafsir Al-Quran  yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Kajian tentang Golongan Kanan – Tafsir Surat Al-Balad Ayat 19

Pada ayat ke-19 ini Allah subahanhu wa ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا هُمْ أَصْحَابُ الْمَشْأَمَةِ ﴿١٩﴾

Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, mereka itu adalah golongan kiri.” (QS. Al-Balad [90]: 19)

Inilah sifat yang paling menonjol dari golongan kiri. Mereka kafir terhadap Al-Qur’an.

Apa itu kafir? 

Kafir merupakan istilah syar’i yang tidak boleh seorang muslim anti kepada kata ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah tentang makna dan aturan penggunaan kata ini. Kafir secara bahasa adalah menyembunyikan atau menutupi. Sedangkan secara istilah, kafir diartikan mengingkari apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yaitu Al-Qur’an dan Sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam mengingkari ayat-ayat Allah ini ada yang sifatnya sebagian dan ada juga yang mengingkari secara keseluruhan. Dan orang-orang yang ingkar dengan isi Al-Qur’an ini akan hina di dunia sebelum dihinakan di akhirat.

…أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ الْكِتَابِ وَتَكْفُرُونَ بِبَعْضٍ ۚ فَمَا جَزَاءُ مَن يَفْعَلُ ذَٰلِكَ مِنكُمْ إِلَّا خِزْيٌ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يُرَدُّونَ إِلَىٰ أَشَدِّ الْعَذَابِ ۗ وَمَا اللَّـهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ ﴿٨٥﴾

Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah [2]: 85)

Simak penjelasan lengkap dan Download mp3 kajian tentang Golongan Kanan – Tafsir Surat Al-Balad Ayat 19



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30146-golongan-kiri-tafsir-surat-al-balad-ayat-19-ustadz-abdullah-zaen-m/